Cara Daftar Blog ke Webmaster Tools Google Search Console
Cara Daftar Blog ke Webmaster Tools Google Search Console. Jika kamu sudah membuat blog. Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan blog yang kamu buat ke Google Webmaster Tool. Ini sama halnya dengan mendaftarkan Blog ke Google. Kenapa harus dilakukan? Karena dengan kamu mendaftarkan ke webmaster tool, blog kamu akan lebih mudah di cari dan halaman didalam blog juga akan lebih cepat terindex pada pencarian di search engine seperti Google. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang pemilik website atau situs terkenal, hasilnya website mereka mudah ditelusuri dan mendapatkan banyak pengunjung. Tidak hanya itu saja kamu bisa memantau kondisi situs anda, apabila terjadi kesalahan pengrayapan yang membuat konten atau blog kamu tidak dapat ditemukan dimesin penelusuran google dikarena terjadinya error.
Lalu, bagaimana dengan masalah privasi blog Anda. Karena Anda memberi Google akses penuh untuk statistik situs Anda, Anda mungkin takut tentang bagaimana mereka menangani data ini. Melihat bahwa Goole adalah sebuah perusahaan terkemuka didunia dan sangat tidak mungkin mereka akan menyalahgunakan data yang anda beri akses secara penuh, Pastilah kerahasiaan merupakan keprihatinan utama bagi mereka.
Jika Anda menggunakan Google Webmaster Tools dan Google Analytics, hasilnya akan lebih baik lagi. Anda dapat mengakses data Google Webmaster Tools langsung dari Google Analytics, jadi jika Anda sudah menggunakan Google Analytics, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan ke Google Webmaster Tools.
Ada beberapa cara untuk mempermudah verifikasi kepemilikan seperti yang dijelaskan tadi. Pertama adalah dengan men-download file HTML dan meng-upload ke direktori root dari situs Anda. Kedua adalah dengan menambahkan Meta tag HTML ke dalam template blog Anda. Jika Anda menggunakan akun Google Analytics, pilihan ketiga untuk memverifikasi kepemilikan adalah melalui Google Analytics. Anda bisa pilih yang mudah menurut Anda.
Setelah blog kamu sudah berhasil terverifikasi, kamu sudah dapat mengakses dashboard Google Webmaster Tools. Di sini Anda dapat mengakses semua bagian utama mulai dari Cari Queries, Link ke Situs Anda, Kesalahan Crawl, Kata Kunci, dan Peta Situs. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi saya akan menjelaskan bagian terpentingnya saja.
Kueri penelusuran / Search queries
Bagian Kueri Penelusuran menunjukkan kata kunci yang menyebabkan pengguna dapat menuju ke situs Anda. Disini ada daftar kata kunci yang pengguna cari atau ketik yang membuat mereka bisa menuju blog Anda. Hal terbaik adalah jika daftar ini sesuai dengan kata kunci yang Anda mengoptimalkan tapi sangat sering daftar ini berisi kata kunci yang baik Anda tidak menyadari. Dalam hal ini, memilih kata kunci yang baik dan mulai mengoptimalkan bagi mereka, juga.
Pada bagian Search Queries, Anda juga dapat melihat jumlah tayangan dan jumlah klik, yang memberikan Anda gambaran tentang CTR untuk kata kunci ini. Semua sama, RKPT yang lebih tinggi berarti kata kunci yang relevan, sehingga Anda mungkin ingin berinvestasi beberapa upaya lebih ke kata kunci ini. Namun, jika Anda melihat bahwa sebagai hasil dari usaha Anda, CTR turun, yang terbaik adalah jika Anda tidak menyentuh kata kunci ini lagi.
Link
Bagian sangat berguna kedua Google Webmaster Tools adalah Tautan ke bagian Situs Anda.
Di sini Anda dapat melihat di mana backlink Anda (internal dan eksternal) berasal dari, serta halaman mereka terhubung ke. Seperti link memeriksa alat-alat lain, jangan berharap bahwa setiap link tunggal ke situs Anda ditampilkan namun demikian daftar ini backlink berguna untuk memeriksa dari waktu ke waktu.
Salah satu penggunaan lanjutan dari bagian Link adalah untuk menolak tautan ke situs Anda yang Anda anggap berbahaya. Link dari situs yang buruk dapat menyakiti peringkat Anda, jadi jika Anda ingin menyingkirkan mereka, ikuti petunjuk dalam artikel ini.
Kesalahan Crawl / crawl errors
Bagian Kesalahan Crawl menunjukkan kesalahan Google bot ditemui di situs Anda. Data yang Anda dapatkan adalah sama dengan apa yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan Spider Simulator dan itu menunjukkan halaman tidak dapat diakses, halaman yang hilang, kesalahan server, dan segala macam masalah yang mencegah Google dari benar merayapi situs Anda. Anda juga mendapatkan beberapa statistik crawl lain (seperti jumlah halaman merangkak hari) yang berguna untuk mengetahui.
Kata kunci / Keyword
Demikian pula untuk bagian Cari Pertanyaan yang juga berkaitan dengan kata kunci (tapi itu adalah orang-orang pengguna mengetik untuk mendapatkan ke situs Anda), bagian Keywords juga menunjukkan kata kunci. Namun, perbedaannya adalah bahwa di sini Anda melihat apa kata kunci (dan signifikansi mereka) Google telah ditemukan di situs Anda. Dua daftar (jenis kata kunci pengguna dan kata kunci Google menemukan di situs Anda) bisa sangat berbeda, yang berarti Anda tidak mengoptimalkan apa yang pengguna cari.
Bagian Kata kunci juga memungkinkan untuk melihat tema situs Anda, yang mengirim Panda telah menjadi lebih penting.
Peta Situs / Sitemap
Bagian terakhir yang Anda dapat mengakses dari Dashboard adalah bagian Peta Situs. Di sini Anda melihat peta situs dari situs Anda Google telah ditemukan dan jumlah URL di dalamnya. Jika sitemap ditemukan oleh Google berbeda dari apa yang Anda harapkan untuk menjadi, Anda dapat mengirimkan sitemap baru bagi Google untuk digunakan.
Robots.txt dan lain Lanjutan Stuff / Robots.txt and Other Advanced Stuff
Bagian dijelaskan sejauh ini adalah bagian dasar Google Webmaster Tools. Ada juga banyak hal maju di masing-masing tapi kami tidak akan menjelaskan secara detail. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengirimkan file robots.txt, atau untuk mengatur sintaks domain pilihan (misalnya dengan atau tanpa www) yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Google Webmaster Alat ini juga memungkinkan untuk mengetahui apakah situs Anda terinfeksi dengan malware. Jika ya, Anda perlu untuk membersihkannya pertama dan kemudian mengirimkannya kembali untuk diperiksa.
Google Webmaster Tools adalah alat yang sangat berharga untuk SEO. Ini memberi Anda pada data yang sekilas tentang semua aspek SEO penting dari sebuah situs, seperti kata kunci, link, kesalahan merangkak, dll Jika Anda tidak menggunakannya sudah, meluangkan waktu dan mendapatkan akrab dengan itu - itu akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk yakin.
Nah, berikut ini akan dijelaskan cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool.
Pertama (1), Kunjungi situs Google Webmaster Tools. Silahkan klik tulisan Sign In yang sudah saya beri tanda panah. Seperti gambar dibawah ini.
Apa Google Webmaster Tools ?
Google Webmaster Tools adalah satu set alat untuk webmaster atau memonitor langsung kinerja situs Anda. Namun, tanpa disadari oleh anda bahwa ini adalah sebuah toolset yang sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan Google dan menyesuaikan banyak aspek tentang bagaimana Google melihat situs Anda, seperti daftar link eksternal dan internal untuk situs Anda, menyesuaikan tingkat kenaikan di mana Google bot mengindeks situs Anda, periksa kata kunci yang diketik pengguna dan dapat menuju ke situs Anda, serta dapat mengetahui jumlah klik setiap kata kunci, dan bisa melihat statistik situs Anda, dan masih banyak lagi.Lalu, bagaimana dengan masalah privasi blog Anda. Karena Anda memberi Google akses penuh untuk statistik situs Anda, Anda mungkin takut tentang bagaimana mereka menangani data ini. Melihat bahwa Goole adalah sebuah perusahaan terkemuka didunia dan sangat tidak mungkin mereka akan menyalahgunakan data yang anda beri akses secara penuh, Pastilah kerahasiaan merupakan keprihatinan utama bagi mereka.
Jika Anda menggunakan Google Webmaster Tools dan Google Analytics, hasilnya akan lebih baik lagi. Anda dapat mengakses data Google Webmaster Tools langsung dari Google Analytics, jadi jika Anda sudah menggunakan Google Analytics, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan ke Google Webmaster Tools.
Bagaimana Memulainya?
Untuk menggunakan Google Webmaster Tools, Anda harus buat mendaftar akun dulu. Dibawah ini artikel ini dijelaskan cara mendaftar webmaster tool google. Setelah bergabung, Anda perlu verifikasi blog nanti ada metode alternatif untuk memudahkan verifikasi, sehingga Google tahu Anda adalah pemilik resmi dari situs yang Anda gunakan di Google Webmaster Tools.Ada beberapa cara untuk mempermudah verifikasi kepemilikan seperti yang dijelaskan tadi. Pertama adalah dengan men-download file HTML dan meng-upload ke direktori root dari situs Anda. Kedua adalah dengan menambahkan Meta tag HTML ke dalam template blog Anda. Jika Anda menggunakan akun Google Analytics, pilihan ketiga untuk memverifikasi kepemilikan adalah melalui Google Analytics. Anda bisa pilih yang mudah menurut Anda.
Setelah blog kamu sudah berhasil terverifikasi, kamu sudah dapat mengakses dashboard Google Webmaster Tools. Di sini Anda dapat mengakses semua bagian utama mulai dari Cari Queries, Link ke Situs Anda, Kesalahan Crawl, Kata Kunci, dan Peta Situs. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi saya akan menjelaskan bagian terpentingnya saja.
Kueri penelusuran / Search queries
Bagian Kueri Penelusuran menunjukkan kata kunci yang menyebabkan pengguna dapat menuju ke situs Anda. Disini ada daftar kata kunci yang pengguna cari atau ketik yang membuat mereka bisa menuju blog Anda. Hal terbaik adalah jika daftar ini sesuai dengan kata kunci yang Anda mengoptimalkan tapi sangat sering daftar ini berisi kata kunci yang baik Anda tidak menyadari. Dalam hal ini, memilih kata kunci yang baik dan mulai mengoptimalkan bagi mereka, juga.
Pada bagian Search Queries, Anda juga dapat melihat jumlah tayangan dan jumlah klik, yang memberikan Anda gambaran tentang CTR untuk kata kunci ini. Semua sama, RKPT yang lebih tinggi berarti kata kunci yang relevan, sehingga Anda mungkin ingin berinvestasi beberapa upaya lebih ke kata kunci ini. Namun, jika Anda melihat bahwa sebagai hasil dari usaha Anda, CTR turun, yang terbaik adalah jika Anda tidak menyentuh kata kunci ini lagi.
Link
Bagian sangat berguna kedua Google Webmaster Tools adalah Tautan ke bagian Situs Anda.
Di sini Anda dapat melihat di mana backlink Anda (internal dan eksternal) berasal dari, serta halaman mereka terhubung ke. Seperti link memeriksa alat-alat lain, jangan berharap bahwa setiap link tunggal ke situs Anda ditampilkan namun demikian daftar ini backlink berguna untuk memeriksa dari waktu ke waktu.
Salah satu penggunaan lanjutan dari bagian Link adalah untuk menolak tautan ke situs Anda yang Anda anggap berbahaya. Link dari situs yang buruk dapat menyakiti peringkat Anda, jadi jika Anda ingin menyingkirkan mereka, ikuti petunjuk dalam artikel ini.
Kesalahan Crawl / crawl errors
Bagian Kesalahan Crawl menunjukkan kesalahan Google bot ditemui di situs Anda. Data yang Anda dapatkan adalah sama dengan apa yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan Spider Simulator dan itu menunjukkan halaman tidak dapat diakses, halaman yang hilang, kesalahan server, dan segala macam masalah yang mencegah Google dari benar merayapi situs Anda. Anda juga mendapatkan beberapa statistik crawl lain (seperti jumlah halaman merangkak hari) yang berguna untuk mengetahui.
Kata kunci / Keyword
Demikian pula untuk bagian Cari Pertanyaan yang juga berkaitan dengan kata kunci (tapi itu adalah orang-orang pengguna mengetik untuk mendapatkan ke situs Anda), bagian Keywords juga menunjukkan kata kunci. Namun, perbedaannya adalah bahwa di sini Anda melihat apa kata kunci (dan signifikansi mereka) Google telah ditemukan di situs Anda. Dua daftar (jenis kata kunci pengguna dan kata kunci Google menemukan di situs Anda) bisa sangat berbeda, yang berarti Anda tidak mengoptimalkan apa yang pengguna cari.
Bagian Kata kunci juga memungkinkan untuk melihat tema situs Anda, yang mengirim Panda telah menjadi lebih penting.
Peta Situs / Sitemap
Bagian terakhir yang Anda dapat mengakses dari Dashboard adalah bagian Peta Situs. Di sini Anda melihat peta situs dari situs Anda Google telah ditemukan dan jumlah URL di dalamnya. Jika sitemap ditemukan oleh Google berbeda dari apa yang Anda harapkan untuk menjadi, Anda dapat mengirimkan sitemap baru bagi Google untuk digunakan.
Robots.txt dan lain Lanjutan Stuff / Robots.txt and Other Advanced Stuff
Bagian dijelaskan sejauh ini adalah bagian dasar Google Webmaster Tools. Ada juga banyak hal maju di masing-masing tapi kami tidak akan menjelaskan secara detail. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengirimkan file robots.txt, atau untuk mengatur sintaks domain pilihan (misalnya dengan atau tanpa www) yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Google Webmaster Alat ini juga memungkinkan untuk mengetahui apakah situs Anda terinfeksi dengan malware. Jika ya, Anda perlu untuk membersihkannya pertama dan kemudian mengirimkannya kembali untuk diperiksa.
Google Webmaster Tools adalah alat yang sangat berharga untuk SEO. Ini memberi Anda pada data yang sekilas tentang semua aspek SEO penting dari sebuah situs, seperti kata kunci, link, kesalahan merangkak, dll Jika Anda tidak menggunakannya sudah, meluangkan waktu dan mendapatkan akrab dengan itu - itu akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk yakin.
Nah, berikut ini akan dijelaskan cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool.
Pertama (1), Kunjungi situs Google Webmaster Tools. Silahkan klik tulisan Sign In yang sudah saya beri tanda panah. Seperti gambar dibawah ini.
![]() |
gambar 1 |
![]() |
gambar 2 |
Keempat (3), Klik icon gerigi disebelah pojok kanan atas dan pilih menu Detail Verifikasi. Selanjutnya klik kalimat Verifikasi dengan menggunakan metode yang berbeda. Anda bisa pilih verifikasi yang mudah menurut anda. Kalau saya memilih opsi HTML Tag.
Keenam (6), Copy HTML dan Setelah itu, anda langsung masuk ke pengaturan blog yang anda daftarkan tadi. pilih Template dan klik edit HTML. Letakkan kode tadi atau paste dibawah kode <head>. Untuk mencari kode <head> anda klik "Lompat ke Widget" pilih Header1
<head>
<meta name='google-site-verification' content='Gsfq_4AnJRGBRuDzRTGdD0EpXoxxxxxxxxxxxxx' />
...
</head>
Ketujuh (7), Setelah itu simpan. Selanjutnya anda klik verifikasi untuk blog anda di Google Webmaster Tool. Selesai
0 komentar:
Posting Komentar