Bagaimana Cara Daftar Blog ke Google Analytic?
Daftar Google Analytic Analitic. Nah, kalau Anda sudah mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools, selanjutnya daftarkan juga blog anda ke Google Analitics. Ini akan membuat anda lebih mengetahui mengenai blog atau situs anda. Anda bisa tahu siapa saja yang masuk kesitus anda, dari mana ia berasal, menggunakan smartphone atau desktop untuk membuka situs anda, dan masih banyak lagi. Jadi, google analytics bisa dibilang pelengkap untuk memonitoring situs anda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang bisa anda ketahui dari google Analytic ;
![]() |
Daftar Google Analytic |
Hit
Dengan Google Analytics, Hit adalah apapun permintaan pengumpulan data dikirim ke Sistem Google Analytic. Ini termasuk seperti tayangan laman, peristiwa, variabel khusus, upload protokol pengukuran, dll.
Pageview / Tampilan halaman
Tampilan halaman dicatat setiap kali halaman dilihat. Atau, lebih teknis, tayangan laman dicatat setiap kali metode pelacakan tampilan halaman Google Analytics dijalankan. Ketika pengunjung menekan tombol kembali, tampilan halaman juga dicatat. Ketika pengunjung mengklik refresh, tampilan halaman dicatat. Setiap kali halaman dibuka di browser, terlepas dari apakah itu telah cache, tampilan halaman dicatat. (Tentu saja ini mengasumsikan kode pelacakan pada halaman yang bersangkutan.)
Visit / Kunjungan
Kunjungan terdiri dari serangkaian tampilan halaman yang membuat aktivitas satu pengunjung selama periode. Kunjungan berakhir setelah pengunjung menutup browser, membersihkan cookies, atau tidak aktif selama 30 menit. (Panjang timeout disesuaikan dalam pengaturan kode pelacakan)
Visitor / Pengunjung
Pengunjung didefinisikan oleh ID unik - ID ini biasanya disimpan dalam cookie pengunjung. Setiap kali kode pelacakan dijalankan, tampaknya untuk cookie pada browser yang ditetapkan oleh domain saat ini. Jika mereka tidak dapat ditemukan, cookie baru dengan ID baru ditetapkan. Google Analytics menekankan kunjungan selama pengunjung karena ketidakakuratan melekat mencoba untuk melacak pengguna individu. Misalnya, seorang pengunjung yang menghapus cookie mereka, menggunakan beberapa browser atau berbagi komputer mereka akan muncul tidak akurat.
Bounce / Melambung
Kunjungan dengan satu tampilan halaman. Tidak peduli berapa lama pengunjung berada di halaman atau bagaimana mereka meninggalkan. Secara teknis, itu kunjungan dengan hanya satu interaksi.
Time on page / Waktu pada Halaman
Waktu pada halaman diukur dengan mengurangi waktu pengunjung memukul halaman dari waktu mereka memukul halaman berikutnya. (Misalnya Jika mereka memukul Page 1 at 12:00 dan memukul Page 2 pada 00:03, waktu di Page 1 adalah tiga menit.) Ini berarti bahwa waktu pada halaman untuk halaman terakhir di kunjungan selalu nol karena Google Analytics doesn 't halaman track ditutup.
Time on site / Waktu di Situs
Ini adalah jumlah waktu pada halaman untuk semua tampilan halaman dalam kunjungan. Atau, lebih tepatnya, itu adalah perbedaan antara waktu mereka melihat halaman pertama dan halaman terakhir dalam kunjungan. Perhatikan bahwa melihat halaman di tab yang berbeda tidak mempengaruhi ini. Google Analytics hanya melihat serangkaian halaman yang dilihat secara kronologis, tanpa referensi untuk beberapa tab atau jendela.
New visitor / Pengunjung baru
Seorang pengunjung yang tidak memiliki cookie Google Analytics ketika mereka memukul halaman pertama dalam kunjungan ini. Jika pengunjung menghapus cookie mereka dan kembali ke situs, pengunjung akan dihitung sebagai pengunjung baru.
Returning visitor / pengunjung kembali
Seorang pengunjung dengan cookie Google Analytics yang ada dari kunjungan sebelumnya.
Dollar Index
Sebuah pengukuran seberapa berpengaruh halaman adalah untuk konversi. Semakin tinggi angkanya, semakin sering itu dilihat sebelum pembelian atau konversi. Ini dihitung dengan mengambil nilai konversi sasaran atau nilai transaksi kunjungan dan menerapkannya secara merata ke semua halaman sebelum konversi itu. Dilihat secara keseluruhan, itu hanya mencoba untuk mengkorelasikan halaman untuk konversi.
Laman / Kunjungan
Tampilan halaman dibagi dengan kunjungan. metrik ini menunjukkan rata-rata jumlah halaman yang dilihat per kunjungan.
Lalu Lintas langsung
Idealnya, ini adalah lalu lintas yang datang ke situs melalui bookmark atau dengan langsung mengetikkan URL. Pada kenyataannya, itu adalah lalu lintas yang kode tidak dapat menentukan sumber. Tergantung pada situs dan browser, beberapa link mungkin tidak menunjukkan pengarah dan sebaliknya akan dikategorikan sebagai langsung. Menggunakan variabel kampanye akan mendapatkan sekitar keliru ini setiap kali.
Situs Pengarah
Ini adalah lalu lintas yang (1) pengarah diidentifikasi, (2) pengarah bukan mesin pencari dan (3) tidak ada variabel kampanye. URL merujuk (alias halaman yang berisi link ke website Anda) juga disimpan untuk referensi.
Lalu Lintas Search Engine
Google Analytics secara otomatis mengkategorikan lalu lintas yang datang dari mesin pencari jika URL merujuk adalah dari daftar mesin pencari diketahui dan ada istilah pencarian yang diidentifikasi dalam URL itu. Kedua lalu lintas mesin pencari organik dan dibayar dimasukkan ke dalam kelompok ini.
Pelacakan acara
Sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas pengunjung secara terpisah dari tampilan halaman. Ini umumnya digunakan untuk melacak interaksi dengan AJAX atau Flash konten.
API Google Analytics
API ekstrak data dari akun Google Analytics. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk pemrograman mengambil data Google Analytics dan menggabungkannya dengan aplikasi pihak ke-3 dan / atau database.
Banyak organisasi menggunakan Angelfish Software untuk meningkatkan data yang disediakan oleh Google Analytics. Angelfish memberikan data pribadi penuh dan menunjukkan alamat IP, nama pengguna, kesalahan situs, bandwidth dicuri, dan masih banyak lagi.
Daftar Google Analytic Analitics
1. Kunjungi situs resmi Google Analytics. Nah, anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini. Disini anda akan diminta untuk Sign Up. Klik saja button yang diberi tanda panah.
![]() |
tampilan utama situs |
2. Nanti akan muncul form aplikasi untuk blog anda, tampilan seperti dibawah ini, tinggal kamu isi saja sesuai dengan data blog kamu. Kalau sudah diisi formnya, klik Get Tracking ID
![]() |
klik gambar untuk lebih jelas |
![]() |
klik gambar untuk lebih jelas |
3. Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini. Nah, yang dilingkar hitam itu adalah tracking ID untuk blog kamu. Tinggal kamu masukkan kedalam blog kamu.
![]() |
klik gambar untuk lebih jelas |
Ada 2 cara untuk memasukkan tracking ID :
1. Cara mudah ; masuk ke blog yang anda daftarkan di Google Analytic tadi. klik menu Setelan --> lainnya ---> cari Google Analytic yang berada dibawah sekali masukkan saja kodenya. Misalnya kode punya saya UA-84547416-1.
2. Cara sedikit ribet ; masuk ke blog kamu, pilih menu Template ---> Edit HTML ---> cari kode </head>, kalau sudah ketemu Copy Tracking ID yang saya lingkar dibawahnya ---> Pastekan di atas </head>.
Selesai...
Sudah bertambah pengetahuan kamu mengenai blog. Selamat mencoba
0 komentar:
Posting Komentar