Senin, 16 Januari 2017

Apa Pengertian SEO On dan Off Page?

Berikut ini akan dijelaskan definisi SEO On Page dan SEO Off Page. Nah, Sebelumnya telah saya jelaskan mengenai pengertian dari  Apa itu SEO? Nah, kali ini yang akan saya bahas adalah Macam-macam SEO. yups.. SEO dibagi menjadi 2 yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Tidak usah berlama-lama, langsung saja berikut dibawah ini penjelasan lebih lanjut mengenai SEO.
SEO On Page dan SEO Off Page

1. Apa itu SEO On Page?

SEO On Page adalah optimasi suatu website atau blog dari dalam blog itu sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO Off Page, yaitu :
  • Penggunaan URL Domain : ada yang perlu anda lakukan sebelum membuat website yaitu nama url untuk website atau blog anda. Lalu tujuan blog atau website harus jelas dan disesuaikan dengan url domainnya. Hal ini dilakukan dengan agar kinerja website anda meningkat. Jadi perhatikan pemilihan url domain. Kalau bisa url yang dipilih tetarget atau memiliki target keyword. Oh ya, jangan menggunakan kata penghubung (-) ataupun menggunakan  angka dalam membuat url domain agar dapat bersaing dengan website atau blog kompetitor.
  • Template :  anda harus memilik atau membangun template SEO Friendly untuk website atau blog. Sekarang sudah mudah mencari template premium gratis yang mempunyai struktur SEO Friendly. Tapi, Apabila ingin membuat sendiri template yang SEO Friendly, pastikan anda sudah mengetahui unsur apa saja yang akan anda masuk dalam kategori SEO Friendly.
  • Tag Judul : bagian ini merupakan suatu unsur penting untuk mengidentifikasi isi artikel / posting. Tag Judul biasanya digunakan oleh Search Engine Google untuk ditampilkan pada halaman hasil pencaharian. Sebaiknya Tag Judul memiliki panjang 50-60 karakter. Bila memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di tampilkan dengan benar di halaman hasil pencaharian. Salah satu hal yang penting adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di Tag Judul. 
  • Meta tag atau menambahkan description : Bagian ini terdiri dari Meta Keyword, Meta Description dan Meta Content lainnya yang dapat membantu website akan cepat terindex oleh Search Engine. Meta Tag ini merupakan bagian yang memberikan informasi penting tentang halaman website anda kepada Google Crawler. Meta Tag ini akan tampil di mesin pencarian, namun informasinya tidak menyeluruh.
  • Menggunakan format heading H1 - H3 : Mesin pencari akan membaca halaman situs atau website anda secara menyeluruh. Oleh sebab itu penting menggunakan  Tag H1 pada kalimat pertama dalam artikel. H1 biasanya ditempatkan pada Tag Judul artikel. selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman tersebut. Seperti contoh website ini menempatkan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.
  • Memasukkan Internal Link : bagian ini memiliki fungsi yang baik jika diaplikasikan dalam tiap postingan atau di struktur menu website anda. Bagian ini penting juga dalam teknik SEO karena tujuannya dalam membantu Search Engine menelusuri secara menyeluruh halaman artikel serta membaca keseluruhan struktur website atau situs blog anda. 
  • Menambahkan kata kunci pada gambar : tidak hanya teks saja yang ada dalam artikel yang dapat SEO friendly, tiap image / gambar dalam artikel bisa anda lakukan SEO friendly agar bisa serta mudah terindex oleh mesin penelusur atau Search Engine. Caranya dengan memberikan keterangan pada gambar atau image dengan panjang kata 5-15 kata.
  • Bold, Italic, Underline : Nah, manfaatkan teknik ini karena dapat mempercepat bisa terindex mesin penelusur atau Search Engine. Dengan membiasakan format teks seperti ini dapat menarik membaca artikel yang anda buat.
  • Sitemap : bagian penting lainnya sitemap yaitu link yang datanya tertaut keseluruh halaman yang ada dalam situ anda. Sitemap ini gunanya mempermudah pengunjung mencari artikel anda. lakukan submit link ke Webmaster Google Tools, agar mempercepat artikel atau posting terindex dan peringkat tertarget dapat berada di halaman pertaman Search Engine Google.


2. Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah usaha optimasi blog atau website yang dilakukan dari luar situs blog yang dibangun. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO Off Page, yaitu :
  • Sosial media : pergunakanlah semua sosial media yang kamu miliki seperti facebook, twitter, pinterest dan lainnya untuk membagikan postingan anda. artikel yang andna bagikan setiap saat ke sosial media mempunyai peluang besar untuk dapat memenangkan keyword yang berakibat cepatnya terindex oleh Search Engine.
  • Backlink : bagian terpenting yang berpengaruh untuk peningkatan Page Rank (PR) dan keyword yang anda inginkan. Backlink yang anda pilih bukanlah SP@M, haruslah baik karena jika tidak anda bisa dikenakan sanksi oleh Google Search Engine. Banyak cara membangun Backlink, seperti Pyramid, Social Bookmark, Dummy Blog, Otomatis, Web Directory, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog To Web (1 arah), Blog Walking, Blog To Blog (2 arah),  Review, Submitter, Iklan, dan cara lainnya yang sesuai dengan analisa dan perhitungan yang telah dibuat.
  • Tools SEO Google : untuk membuat website terus berkembang, anda bisa memanfaatkan berbagai Tools yang disediakan Google seperti  Analytics, Websmaster, Trends, Consumer Surveys, Adwords Keyword Planner, PageSpeed Insights, Content Experiments, Places for Business, Tag Manager, Alerts. Manfaatkan dan pelajari tools yang sudah disediakan google, hal ini dapat membuat website anda menjadi lebih  Friendly SEO.
  • Watermark Gambar : Buatkan url domain blog anda di gambar dan share ke sosial media. hal ini dapat membuat blog anda cepat terindex oleh Search Engine dengan cepat.

Nah, itulah ulasan mengenai SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar